Senin, 23 November 2015

[ ID Volunteering ] ~ Hidup Terus Berjalan dan Laukanlah yang Terbaik ~




[ ID Volunteering ]
~ Hidup Terus Berjalan dan Laukanlah yang Terbaik ~


         Terima kasih atas waktu yang singkat ini. Kita memang tak pernah tahu rencana Tuhan itu seperti apa. Namun pada kenyataannya ini lah rencana Tuhan yang telah memberikan berbagai banyak pengalaman berharga selama masa sekolah. Jika bukan karena orang-orang yang menyayangku mungkin pengetahuanku akan dunia luar rumah hanyalah hayalan-hayalan semata. Aku bukanlah wanita yang cerdas ketika di sekolah, aku bukan juga wanita yang memiliki banyak harta untuk bisa mengikuti berbagai kegiatan teratas. Terlepas dari itu semua yang aku miliki hanyalan semangat yang tinggi untuk bisa menjadi manusia yang berguna bagi orang-orang yang berada disekitarku. Dengan mengikuti berbagai kegiatan baik didalam sekolah maupun diluar sekolah ataupun kegiatan-kegiatan yang harus diikuti melalui tahap seleksi kerap aku cicipi satu persatu. Tentunya dengan harapan agar aku memiliki ilmu lebih yang tidak hanya aku dapatkan didalam sekolah saja dan harapan terbesar yaitu ilmu yang aku miliki bisa bermanfaat.

Masa MTs ( Madrasah Tsanawiyah ) atau yang sering kita kenal dengan masa-masa SMP ( Sekolah Menengah Pertama ) merupakan pejalanan dimana aku mulai aktif dalam kegiatan bersosialisasi. Hal tersebut dimulai ketika mata pelajaran PKN ( Pendidikan KewargaNegaraan ) ketika kami disuruh mencari berbagai macam masalah yang ada di sekitar lingkungan, kemudian mencari berbagai solusi yang ada dan berakhir dengan menentukan solusi. Kami pun menemukan satu masalah yang sekiranya hal ini memng harus kita atasi.

      Tinggal didaerah pesisir dengan kapasitas air bersih yang minim membuat para masyarakat banyak menggunakan air-air yang tidak bersih untuk merka gunakan setiap harinya. Air merupakan sumber kebutuhan utama bagi kehidupan setiap manusia. Karena setiap hari kita berketegantungan dengan air seperti : mencuci piring, mencuci pakaian, mandi bahkan minum pun kita mengguanakan air.  Begitupun air sangat penting untuk kesehatan kita, jika kita tidak mengkonsumsi air yang tidak bersih maka kesehatan kitapun akan ikut terancam. Apalagi dimusim kemarau, air bersih sangat sulit ditemukan maka dari itu air bersih sangatlah penting untuk kesehatan dan kelangsungan hidup setiap manusia.

            Dimulai dari hal itulah gerak kepedulian kami sebagai siswa yang masih dibilang lebih senang dengan bermain bermain dan bermain kini mulai tergerak untuk peduli akan sesama. Dari masalah ini juga aku dan teman-temanku menemukan sebuah alat penjernih yang cukup alternatif dan tidak harus mengeluarkan uang yang banyak. Meskipun kami menemukannya melalui situs internet namun yang terpenting niat baik untuk membantu sesama selalu ada didalam jiwa kami.

            Alat yang hanya terdiri dari beberapa item yakni, dakron sebagai penyaring warna yang tidak jernih, arang batok kelapa yang dapat membunuh bakteri dan menghilangkan bau dan juga rasa asin serta batu zeolite yang berfungsi sebagai penyerap akan zat kapur yang berada di dalam air. Memberikan hasil yang cukup memuaskan ketika kami sudah mencobanya.


Hasil yang semakin baik membuat aku dan teman-teman yakin untuk mulai bersosialisasi akan pentingnya penggunaan air bersih kepada masyarakat didaerah kami ( Bekasi Utara ) dengan cuma-cuma kamipun melakukan penggalang dana untuk membuat alat tersebut dan membagikannya kepada beberapa masyarakat. Hal tersebut kami lakukan agar masyarakat lebih peduli dan sadar akan pentingnya penggunaan air bersih.

            Setelah misi berhasil kamipun tak hanya tinggal diam begitu saja, berharap kebijakan akan pemerintah kamipun melakukan presentasi akan pentingnya alat ini, syukur-syukur mendapatkan penggalang dana untuk bisa menerapkan lebih luas akan alat ini.


Yaa meskipun sampai saat ini taka ada hasil setudaknya kami sudah berusaha melakukan hal yang mungkin jarang ditemukan bagi para remaja masa kini. Dimulai dari kegiatan ini lah pengetahuanku akan dunia luar selalu ingin aku dapatkan dan yang pastinya melalui berbagai kegiatan yang tidak dipungut biaya hehehee. Meskipun kami sudah lulus dari masa-masa SMP dan kini mulai beranjak menuju masa SMA ( Sekolah Menengah Atas ) atau yang sering dikenal dengan istilah masa abu-abu yang penuh dengan perjuangan serta percintaan. Namun hal tersebut tak menghalangi kami untuk terus melakukan berbagai rutinitas yang memberikan dampak-dampak positif seperti berkumpul dirumah belajar.

Dirumah belajar inilah aku melanjutkan kembali melakukan aktifitas positif seperti pembentukkan sebuah komunitas perpustakaan rakyat dimana kami memulainya dengan meminta sumbangan akan buku-buku yang sudah tidak digunakan dan masih layak untuk digunakan untuk kemudian kami kumpulkan hingga akhirnya terwujudlah sebuah perpustakaa kecil yang insya Allah berguna sebagai wadah pembelajaran bagi anak-anak disekitarnya. Masih berada di daerah yang sama yaitu Bekasi Utara dengan penilaian minimnya minat pembaca dikalangan anak-anak hal ini lah yang membuat kami bergerak untuk meningkatkan tingginya minat pembaca.


Rasa percaya diri akan kemajuan bangsa ditangan para pemuda selalu tersirat didalam benak kami, dari semangat yang tinggi itulah yang selalu mengajakku serta teman-temanku untuk terus membagi berbagi ilmu yang inspiratif, kreatif serta menyenangkan seperti mendatangkan komunitas lain untuk ikut serta memberikan pengalamannya kepada kami dan untuk bisa menambahkan wawasan secara gratis.




Usia kami memang masih remaja namun bukan berarti setiap orang yang memiliki minimnya pengalaman tidak bisa berbagi untuk menambahkan wawasan serta pengalaman terhadap sesama. Semoga apa yang kami lakukan bisa bermanfaat untuk kita semua aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar